Rabu, 28 Februari 2018

LASKAR RAKYAT (HELM)

HELM DUA LAPIS

Helm ini pernah digunakan sebagai helm kebesaran tentara KNIL (koninklijk Nederland indisch leger / Tentara pasukan Belanda) Saat memduduki Indonesia pada tahun 1942. Sebagian dari helm ini banyak digunakan pemuda pejuang arek-arek Surabaya dalam pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya, dimana sebelumnya didapat dari hasil perampasan dari tentara KNIL, dan ada juga dari pemuda arek-arek Surabaya yang memang ikut dalam pendiidikan militer tentara kesatuan KNIL.
(Asal Koleksi : Sdr. Adi. Erlianto. Setyawan, ST, Surabaya)


HELM LAPIS JARING

Pada Masa Pendudukan Sekutu di Surabaya, Para Serdadu Inggris selalu memakai helm saat bertempur. Helm ini merupakan peninggalan serdadu Inggris yang dibuat pada tahun 1941 dan diperoleh dari hasil rampasan pejuang Arek – arek Surabaya saat bertempuer melawan sekutu.
Asal Koleksi : SdrAdiErliantoSetyawanST_RooderburghSurabaya


HELM TENTARA KNIL

Helm ini pernah digunakan sebagai helm kebesaran tentara KNIL (koninklijk Nederland indisch leger / Tentara pasukan Belanda) Saat memduduki Indonesia pada tahun 1942. Sebagian dari helm ini banyak digunakan pemuda pejuang arek-arek Surabaya dalam pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya, dimana sebelumnya didapatkan dari hasil perampasan tentara KNIL, dan ada juga dari pemuda arek-arek Surabaya yang memang ikut dalam pendiidikan militer tentara kesatuan KNIL.
Asal Koleksi : Sdr. Adi. Erlianto. Setyawan, ST_Rooderburgh, Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar